Skip to content

Mengapa kita mengantuk saat membaca buku?

Berikut adalah beberapa alasan paling umum mengapa Anda mungkin merasa mengantuk saat membaca.

1. Hari yang membuatmu lelah

Tidak jarang membaca buku di penghujung hari sebelum tidur. Tetapi, jika Anda memiliki terlalu banyak pekerjaan di siang hari, membaca buku di penghujung hari dan tetap terjaga mungkin terasa seperti tugas yang sulit!

Efek ini diperbesar saat Anda membaca buku sambil berbaring dengan nyaman di tempat tidur Anda.

Jika Anda mengalami hari yang panjang yang membuat stres secara fisik, kemungkinan Anda akan tertidur bahkan sebelum Anda mulai membaca!

Saat tubuh Anda merasa stres atau lelah, cara paling alami untuk memulihkannya biasanya melalui tidur.

Jika Anda dihadapkan pada situasi seperti itu, mungkin yang terbaik adalah mengambil istirahat malam dan tidur daripada melawan rasa lelah. Selain itu, bahkan jika Anda terus membaca, kemungkinan besar Anda akan kehilangan beberapa poin penting dari cerita tersebut.

Selain itu, saya perhatikan bahwa ketika dihadapkan dengan skenario seperti itu, saya sering membaca ulang bagian-bagian buku keesokan paginya.

2. Otot Mata Lelah

Faktor lain yang dapat menyebabkan tidur saat membaca adalah ketika Anda terlalu banyak membaca!

Membaca membutuhkan gerakan mata yang konstan. Gerakan mata ini dapat membuat otot mata Anda tegang dan melelahkan seperti halnya latihan fisik pada tubuh kita.

Selain itu, faktor lingkungan juga berperan penting saat membaca. Misalnya, jika tidak ada cukup cahaya saat membaca, bisa jadi sulit bagi mata, membutuhkan upaya ekstra untuk mengidentifikasi huruf.

Demikian juga, mata Anda juga perlu melakukan lebih banyak pekerjaan ketika huruf yang Anda baca terlalu kecil. Efek ini dapat diperparah dengan mudah terutama jika kedua faktor yang disebutkan di atas – huruf kecil dan kondisi pencahayaan rendah terjadi secara bersamaan!

Selain itu, salah satu faktor terbesar untuk otot mata yang lelah adalah membaca dalam waktu lama yang dikombinasikan dengan salah satu alasan di atas.

Akibatnya, begitu otot mata Anda lelah, pada akhirnya dapat menyebabkan mata Anda menutup dan tidur mengambil alih!

3. Topiknya Tidak Menarik

Faktor lain yang sering dipahami tetapi diabaikan adalah fakta bahwa Anda mungkin tidak terlalu menikmati topik yang Anda baca!

Hal ini merupakan hal yang lumrah di kalangan mahasiswa. Saya yakin Anda bisa mengingat saat-saat ketika Anda akan tertidur saat membaca buku tentang topik yang tidak Anda sukai; mungkin dari sekolahmu!

Ketika Anda membaca, otak Anda perlu fokus dan memperhatikan apa yang sedang dibaca. Ini dapat dengan cepat menyebabkan kelelahan mental jika topiknya tidak menarik!

Hal yang sama berlaku ketika Anda membaca buku yang memiliki jaringan cerita yang sangat kompleks atau jika buku itu berat dibaca karena bahasa yang digunakan dalam buku! Dalam setiap situasi ini, otak Anda perlu melakukan pekerjaan ekstra yang terkadang dapat menyebabkan perasaan mengantuk.

Jadi, lain kali Anda merasa mengantuk, mungkin periksa sebentar apakah Anda menikmati apa yang Anda baca. Jika tidak, mungkin Anda ingin membeli buku yang mungkin menarik bagi Anda!

4. Gangguan Tidur

Faktor lain, meskipun jarang, yang mungkin menyebabkan tidur sambil membaca mungkin adalah gangguan tidur.

Paling sering, orang mengasosiasikan gangguan tidur dengan kurang tidur. Namun, gangguan tidur tertentu seperti narkolepsi juga dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk atau tertidur pada waktu yang tidak biasa di siang hari.

Dalam situasi seperti itu, tertidur saat membaca mungkin bukan faktor yang berkontribusi tetapi hanya situasi kebetulan.

Jika Anda merasa cenderung tertidur pada waktu yang paling tidak biasa, mungkin inilah saatnya untuk mengunjungi dokter.

Bisakah Membaca Membantu Saya Tertidur?

Seperti yang mungkin sudah Anda pahami sekarang, membaca itu sendiri tidak benar-benar memengaruhi tidur. Tapi, faktor terkait yang bertindak saat membaca buku bisa membuat Anda merasa mengantuk.

Membaca dapat membantu Anda tertidur terutama jika Anda menjadikannya bagian dari rutinitas malam yang teratur. Selain itu, membaca buku yang lambat, membosankan, atau membosankan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat!

Biasanya, orang berusaha menghindari jatuh tertidur saat membaca. Namun, jika Anda mencoba memanfaatkan membaca sebagai tindakan untuk tertidur, maka Anda beruntung!