Skip to content

Apa perbedaan antara NTFS dan exFAT?

Sistem file melakukan serangkaian aturan dan mengontrol penyimpanan data. Sistem file menentukan bagaimana data disimpan dan diambil.

Berbagai jenis sistem file yang umum digunakan adalah FAT32, NTFS, dan exFAT. Memilih sistem file yang benar selalu membingungkan. Mari kita baca artikelnya agar lebih jelas dan mendapatkan informasi lebih lanjut.

1. Tabel Alokasi File yang Dapat Diperluas (exFAT)

exFAT adalah singkatan dari Extensible File Allocation Table. Sistem file ini diperkenalkan oleh Microsoft pada tahun 2006 dan dioptimalkan untuk kartu SD dan drive USB. Ini telah diadopsi oleh SD Association sebagai sistem file default untuk kartu SDXC yang lebih besar dari 32 GB.

Kelebihan exFAT :

  1. Itu dapat memulihkan file yang dihapus setelah penghapusan yang tidak disengaja dari sistem file exFAT.
  2. Kembalikan sistem file exFAT yang diformat pada Windows.
  3. Ini membantu Anda memulihkan data dari kartu memori, stik memori, hard drive, drive USB, dll.
  4. Ini membantu Anda untuk menyimpan file yang jauh lebih besar dari 4 GB yang diizinkan oleh FAT32.
  5. Ini tidak memiliki ukuran file atau batas ukuran partisi yang realistis.

Kekurangan exFAT :

  1. Ini tidak kompatibel dengan FAT32
  2. Itu tidak menawarkan fungsionalitas penjurnalan dan banyak fitur canggih lainnya yang dibangun ke dalam sistem file NTFS

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows dan macOS versi modern, tetapi memerlukan perangkat lunak tambahan pada versi Linux yang lebih lama. Distribusi Linux apa pun yang menjalankan Linux Kernel 5.7 atau yang lebih baru — seperti Ubuntu 22.04 — mendukung exFAT secara asli. Lebih banyak perangkat yang mendukung exFAT daripada mendukung NTFS, tetapi beberapa—terutama yang lebih lama—mungkin hanya mendukung FAT32.

Batas: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.

Penggunaan Ideal: Gunakan ketika Anda membutuhkan ukuran file dan batas partisi yang lebih besar daripada penawaran FAT32 dan ketika Anda membutuhkan lebih banyak kompatibilitas daripada penawaran NTFS. Dengan asumsi bahwa setiap perangkat yang ingin Anda gunakan drive dengan mendukung exFAT, Anda harus memformat perangkat Anda dengan exFAT, bukan FAT32.

2. Sistem File Teknologi Baru (NTFS)

NTFS adalah singkatan dari Sistem File Teknologi Baru. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993, digunakan dalam versi terbaru dari sistem operasi seperti Windows NT dan 2000 dan versi Windows yang lebih baru.

Ini adalah sistem file logging berkinerja tinggi yang lebih kuat dengan kontrol akses multi-pengguna, ACL, dan banyak hal lain yang membuatnya sesuai untuk bekerja dengan Sistem Operasi yang memiliki perlindungan. Ini mencakup karakteristik seperti multi-streaming, toleransi kesalahan, keamanan, ukuran file yang diperluas, pemulihan data, dan sistem file, nama UNICODE.

Kelebihan NTFS :

  1. Ini sangat aman karena mencegah akses tidak sah ke konten file dengan menerapkan Encryption File System (EFS).
  2. Ini berkinerja baik bahkan dalam partisi dengan ukuran lebih dari 400 MB.
  3. Ini kurang rentan terhadap fragmentasi.

Kekurangan NTFS :

  1. Ini tidak didukung secara luas.
  2. Dalam sistem file NTFS, kinerja menurun di bawah partisi 400 MB.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, tetapi hanya-baca dengan Mac secara default, dan mungkin hanya-baca secara default dengan beberapa distribusi Linux. Perangkat lain — dengan pengecualian Microsoft Xbox One — mungkin tidak akan mendukung NTFS.

Batas: Tidak ada batasan ukuran file atau ukuran partisi yang realistis.

Penggunaan Ideal: Gunakan untuk drive sistem Windows Anda dan drive internal lainnya yang hanya akan digunakan dengan Windows.

Fakta yang Harus Diketahui

  1. NTFS adalah format standar untuk digunakan dalam hard drive internal pada sistem PC Windows.
  2. exFAT adalah versi lanjutan dari FAT32, tetapi kurang kompatibel dengan sistem dan perangkat keras yang lebih lama.
  3. exFAT adalah format masuk untuk hard drive eksternal. Ini menyediakan membaca dan menulis di beberapa sistem operasi pada tingkat yang cepat.
  4. NTFS menyediakan fitur keamanan yang tidak ada di exFAT seperti enkripsi dan izin file.
  5. NTFS memungkinkan pengguna untuk mengompres file atau folder untuk menghemat ruang.
  6. exFAT dapat mendukung partisi hingga 128 pebibyte, itulah sebabnya batasannya dianggap tidak realistis.
  7. exFAT tidak memiliki dukungan untuk penjurnalan, fitur yang memungkinkan sistem file menyimpan catatan perubahan yang dibuat. NTFS tidak. Ini berguna untuk perlindungan terhadap korupsi data.
  8. exFAT paling sering digunakan untuk stik memori USB dan kartu SD serta hard drive eksternal.
  9. Meskipun exFAT merupakan sistem file yang lebih baru, exFAT dibuat untuk menjembatani kesenjangan antara FAT32 dan NTFS.
  10. NTFS mendukung jalur panjang yang diperpanjang hingga sekitar 32.767 karakter, jauh di luar pengaturan MAX_PATH 260.
  11. Enkripsi file dimungkinkan pada drive yang diformat exFAT, tetapi harus dilakukan secara manual.

Apakah exFAT lebih lambat dari NTFS?

NTFS telah terbukti secara konsisten lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem dibandingkan dengan exFAT. Ini, pada gilirannya, berarti bahwa manajemen file seperti operasi salin, tempel, baru, dan pemindahan diselesaikan dengan kecepatan lebih cepat dan lebih banyak sumber daya tersisa untuk tugas sistem operasi atau perangkat lunak lainnya.

Untuk drive eksternal yang diakses oleh USB, exFAT dapat mengungguli kecepatan baca/tulis NTFS. Untuk alasan ini, drive eksternal sering direkomendasikan untuk diformat ke exFAT, terutama untuk bermain game.

Mana yang lebih cepat, NTFS atau exFAT?

Lebih cepat itu relatif. NTFS lebih cepat sebagai sistem file drive internal. Ini secara konsisten mengungguli efisiensi exFAT dan menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem. Namun, exFAT bertindak lebih cepat saat digunakan sebagai sistem file untuk drive eksternal karena kecepatan baca/tulis ditangani secara berbeda melalui koneksi USB dan antar sistem operasi.

Bermain game dengan game yang diinstal pada hard drive eksternal memerlukan exFAT untuk mencapai kecepatan baca yang diperlukan untuk game yang layak. Dalam kinerja sebenarnya, NTFS menangani file yang lebih kecil lebih cepat daripada exFAT dan FAT32.

Namun, begitu file mencapai ukuran sedang, NTFS dan exFAT mendekati kecepatan yang sama. exFAT bersinar saat membaca/menulis file besar ke disk USB yang optimal untuk hal-hal seperti game dan film.

Apa kerugian dari exFAT?

exFAT tidak memiliki fitur keamanan dari NTFS seperti enkripsi file dan izin pengguna. Itu juga tidak memiliki fungsi penjurnalan. Ini tidak kompatibel dengan perangkat keras lama tertentu.

Seiring berjalannya waktu, kerugian kompatibilitas dengan perangkat keras lama menjadi tidak signifikan. Perbedaan sebenarnya terletak pada keamanan file.

Apakah hard drive saya harus exFAT atau NTFS?

Aturan umum adalah ini:

• Hard drive internal harus menggunakan NTFS.

• Hard drive eksternal harus menggunakan exFAT.

Ini mungkin tidak selalu terjadi karena beberapa perangkat lunak memerlukan drive eksternal untuk diformat dengan cara tertentu. Namun, pengguna yang memerlukan format tertentu biasanya mengetahui hal ini sebelum memformat drive.

Jika Anda ingin mendapatkan kinerja terbaik untuk transfer file, maka Anda ingin memformat drive berdasarkan ukuran file yang paling sering ditransfer. Kumpulan besar file kecil akan ditangani lebih baik oleh NTFS, tetapi file besar jauh lebih baik ditangani oleh exFAT.

Format mana yang terbaik untuk hard drive eksternal?

Portabel hard drive eksternal sering berarti bahwa mereka akan digunakan di beberapa sistem operasi. Karena NTFS memiliki kompatibilitas yang lebih sedikit di luar Windows, exFAT adalah opsi yang lebih aman. exFAT mengungguli NTFS saat menulis file berukuran besar dan sedang ke disk USB.