Skip to content

Apa Itu Task Manager pada Windows?

Apa Itu Task Manager pada Windows? Microsoft Windows Task Manager adalah komponen sistem operasi Windows (OS) yang membantu administrator dan pengguna akhir untuk memantau, mengelola, dan memecahkan masalah tugas. Task manager adalah unit dasar pemrograman yang dikendalikan oleh sistem operasi.

Task Manager disertakan dengan Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8. Setiap versi Windows membuat sedikit perubahan pada fitur dan fungsionalitas utilitas, tetapi Task Manager selalu dapat diluncurkan dengan Ctrl+Shift+Esc kombinasi tombol, kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del, atau dengan mengklik kanan bilah tugas dan memilih Task Manager (atau Mulai Pengelola Tugas) dari menu konteks.

Alat pemantau komputer atau Windows

Sebagai alat pemantauan, Task Manager menampilkan data kinerja dasar dan representasi grafis dari CPU, file swap, dan penggunaan memori. Versi Task Manager yang lebih baru juga menyertakan detail disk dan jaringan.

Profesional TI sering dapat memeriksa Task Manager untuk dengan cepat mengidentifikasi kemacetan sistem yang mungkin bertanggung jawab atas masalah kinerja atau stabilitas sebelum menggunakan alat pemecahan masalah yang lebih komprehensif atau mengganggu.

Sebagai alat manajemen, Task Manager melaporkan aplikasi dan proses Task Manager Windows lainnya (seperti layanan) yang saat ini berjalan di sistem Windows. Profesional TI dapat menggunakan data ini untuk mengidentifikasi perangkat lunak yang tidak biasa atau tidak terduga yang dapat berupa perangkat lunak perusak atau perangkat lunak tidak sah lainnya.

Apa Itu Task Manager pada Windows?

Menghentikan operasi

Task Manager memungkinkan administrator untuk menghentikan aplikasi dan proses, menyesuaikan prioritas pemrosesan dan mengatur afinitas prosesor yang diperlukan untuk kinerja terbaik.

Selain itu, Task Manager memungkinkan sistem untuk dimatikan atau dihidupkan ulang, yang mungkin diperlukan saat sistem sibuk atau tidak responsif. Task Manager juga mencantumkan pengguna akhir yang saat ini masuk ke sistem. Pengguna dapat dipilih dan logout dari sistem untuk membantu login atau pemecahan masalah konektivitas.

Penting untuk diingat bahwa Task Manager adalah alat dasar dan tidak mampu melakukan pemantauan atau pengelolaan lanjutan seperti peringatan. Tetapi organisasi dapat memilih pengganti Task Manager pihak ketiga untuk menangani peran yang lebih menuntut.

Misalnya, seorang profesional TI yang memerlukan informasi terperinci tentang proses dapat menggunakan Process Explorer v15.31, yang menampilkan informasi terperinci tentang proses terbuka dan Pustaka Tautan Dinamis, bersama dengan representasi grafis dari aktivitas CPU, memori, I/O, dan GPU.

Task manager

Cara penggunaan

  1. Untuk mengakses program ini, buka jendela Run dengan menekan tombol Win + R dan ketik taskmgr.
  2. Selanjutnya, Anda dapat menggunakannya untuk menutup paksa beberapa aplikasi dan menyelamatkan komputer dari keadaan tidak responsif.
  3. Task Manager akan selalu menjadi salah satu utilitas yang paling penting, apa pun OS yang Anda gunakan.

Masalah Task manager

Namun, terkadang program ini mungkin memiliki masalah itu sendiri, misalnya, tidak dapat diakses. Lebih spesifiknya, menurut laporan dari pengguna Microsoft Windows, program pemantauan ini menjadi tidak responsif atau bahkan tidak mau terbuka.

Sebenarnya, masalah Windows Task Manager tidak merespons Windows 7/8/10 cukup umum dan selalu dapat dilihat di beberapa forum seperti Reddit atau situs web tangkapan layar seperti Memes.

Jika Anda termasuk pengguna yang mengalami masalah Task Manager tidak berfungsi, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Di sini, Anda dapat melakukan pemecahan masalah Task Manager dengan mengikuti solusi yang diberikan.